Selasa, 08 September 2009

Arina Human Resource Consultant Psikologi

Arina Human Resource Consultant

ARINA Human Resource Consultant sebagai mitra perusahaan, lembaga pendidikan, maupun individu selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan para pemakai jasa. Didukung oleh tenaga-tenaga profesional di bidang psikologi, sesuai dengan visi dan misi kami selalu berusaha memahami, mengedukasi, menginspirasi dan memberdayakan setiap individu.

LAYANAN PSIKOLOGI :
• PSIKOTES
• KONSELING
• REKRUTMEN & SELEKSI
• TRAINING / OUTBOUND
• MAPPING
• ANALISIS PEKERJAAN


A. PEMERIKSAAN PSIKOLOGI (PSIKOTES)

Psikotes merupakan sebuah alat untuk mengukur aspek-aspek psikis individu. Hal-hal yang dapat diukur dengan menggunakan psikotes, antara lain: intelegensi, kepribadian, skill dan potensi kerja, bakat, minat, serta faktor-faktor lain yang mendukungnya.

Psikotes dapat dilakukan sesuai kebutuhan individu, maupun instansi pendidikan dan perusahaan. Teknis penyelenggaraan psikotes dapat ditentukan sesuai kesepakatan.

Metode Assesment :

Metode assesment dan rangkaian alat tes yang digunakan untuk mengetahui potensi psikologis kandidat adalah:

1. Tes Intelegensi : tes umum yang bertujuan mengetahui kemampuan intelegensi seseorang pada suatu saat tertentu
2. Performance Test : tes yang dirancang untung mengetahui sikap kerja seseorang
3. Tes Grafis : tes yang digunakan dengan maksud untuk mengungkap kepribadian seseorang dengan menggunakan gambar
4. Tes Inventory : tes yang diberikan dengan tujuan untuk memahami kekhasan atau keunikan sifat masing-masing orang
5. Tes Kepemimpinan : tes yang diberikan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan manajerial dan kepemimpinan
6. BBI (behavior based interview)/BEI (behavior event interview)
7. FGD (Focus Group Discussion) : mengetahui pola relasi seseorang, bagaimana ia mengelola dirinya sendiri dan mengelola tanggung jawabnya serta menyikapi hal-hal di luar dirinya

Hasil Psikotes

Arina Human Resource Consultant berupaya melakukan tes psikologi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Semua pelayanan ini ditujukan bukan hanya untuk perusahaan di wilayah Surabaya, namun juga untuk perusahaan di luar Surabaya dengan tujuan untuk memudahkan teknis pelaksanaan tes psikologi.

1. Psikotes lengkap. Proses ini dimulai dari pelaksanaan psikotes, skoring sampai dengan pembuatan psikogram dan laporan. Pelaksanaan tes psikologi dapat dilakukan di kantor Arina Human Resource Consultant, di Perusahaan ataupun di tempat lain yang memadai sesuai dengan jumlah peserta tes.
2. Psikotes dengan psikogram saja. Layanan ini ditujukan untuk perusahaan yang hendak melakukan psikotes dengan jumlah kandidat yang cukup banyak dan ingin menghemat biaya untuk proses psikotes (biasanya untuk level operasional) sehingga tidak memerlukan laporan yang terlalu detil. Pada kegiatan semacam ini, Arina Human Resource Consultant memberikan alternatif layanan pada pelaksanaan tes psikologi dan pembuatan psikogram lengkap namun tidak memberikan deskripsi, sehingga perusahaan tetap mampu mengetahui secara pasti kelebihan dan kekurangan kandidatnya serta gambaran aspek psikologisnya secara garis besar. Psikogram ini memuat aspek-aspek penting yang menunjang kinerja karyawan pada posisi yang dimaksud.
3. Psikotes tanpa psikogram dan laporan. Bagi perusahaan dari luar Surabaya yang telah memiliki psikolog dan ingin melakukan psikotes di Surabaya, Arina Human Resource Consultant dapat menjadi partner dengan melakukan psikotes dan skoringnya saja untuk kemudian diberikan data mentah kepada psikolog perusahaan untuk dianalisis.

B. Recruitment and Selection Service

Arina Human Resource Consultant akan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat atas seorang kandidat sehingga perusahaan bisa mengambil keputusan yang terbaik, dalam proses recruitment, placement, promosi ataupun evaluasi karyawan.

1. Recruitment & Selection Process.

Evaluasi psikologis / psikotes yang dilakukan bersama dengan Arina Human Resource Consultant akan membantu perusahaan untuk menemukan:

1. Kandidat yang potensial pada suatu posisi.
2. Kandidat yang mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.
3. Kandidat yang produktif dan kompeten.

2. Promosi karyawan

Arina Human Resource Consultant akan membantu perusahaan untuk :

1. Mengetahui apakah karyawan memiliki kesiapan untuk mengikuti jenjang karir yang dipersiapkan perusahaan.
2. Mengetahui apakah kandidat akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan tugas yang lebih kompleks.

3. Evaluasi dan Penempatan karyawan

Arina Human Resource Consultant akan membantu perusahaan untuk mengetahui :

1. Apakah karyawan telah mampu menggunakan potensi yang ia miliki secara optimal dalam kinerja?
2. Apakah kandidat telah sesuai berada dalam posisinya saat ini? Dan bidang tugas apakah yang cocok untuknya?
3. Hambatan apa saja yang ia miliki karyawan dan hal-hal apa yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkannya?

C. Layanan Perusahaan

Berbagai macam pendekatan psikologis aplikatif sangat dibutuhkan dalam pengembangan perusahaan. Pendekatan psikologis dibutuhkan dalam perusahaan dalam melakukan :

- Pembuatan job description

- Management competence

- Mapping potensi karyawan

- Training dan outbound

- Analisis jabatan

Training yang dilakukan oleh Arina HR Consultant adalah training yang dilakukan berdasarkan Training Need Analysis (TNA) yang menggunakan pemeriksaan psikologis dan penanalisaan kebutuhan training secara psikologis.

D. Layanan Bidang Pendidikan

Perkembangan dunia yang semakin pesat menuntut setiap individu untuk bisa menguasai dan memiliki kemampuan expert pada bidang-bidang khusus. Dibutuhkan basic kemampuan yang kuat untuk bisa menguasai bidang khusus tersebut. Hal ini dapat dimulai dari pemilihan jurusan yang tepat sesuai dengan potensi dan bakat siswa. Dengan melakukan evaluasi (human audit) dalam hal ini diharapkan sekolah mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar pada jurusan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat siswa.

Layanan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memilih peminatan/ jurusan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat yang dimiliki. Pemilihan jurusan ini selain didasarkan oleh nilai-nilai mata pelajaran yang mendukung peminatan tertentu tetapi juga dari beberapa tes psikologi seperti tes intelegensi, tes kepribadian dan tes bakat minat.

Dengan mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menempatkan siswa pada satu peminatan tertentu diharapkan siswa berada dalam peminatan yang benar-benar sesuai dengan potensi dan minatnya sehingga potensi siswa akan teraktualitaasi secara optimal. Tidak hanya itu peminatan yang sesuai diharapkan dapat menjadi basic akademik yang menunjang pemilihan jurusan ketika kuliah atau jenis pekerjaan yang sesuai untuk siswa-siswa yang berorientasi kerja selepas SMU.

E. Konseling Pribadi

Manusia tidak terlepas dari masalah, namun setiap manusia pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Psikolog akan membantu anda menemukan potensi pribadi dalam usaha penyelesaian masalah pribadi anda.

Untuk Informasi lebih lanjut, Hubungi :

Contact Person.


Arina Human Resource Consultant

Delta Sari Indah B 120

Waru Sidoarjo

Telp : (031) 72377088

Email : arinahrconsultant@yahoo.com

Blog : http://arinahrconsultant.wordpress.com

2 komentar: